Anisafitriana89's Blog
Just another WordPress.com weblog

MENILIK LATIHAN ORANG-ORANG TEATER

9 January 2010 , Saturday by Anisa Fitriana Dewi

Berjalan menyusuri kota Jakarta, sampailah di daerah pondok kelapa,tepatnya di Jl.H.Naman.Ada sebuah bangunan gedung yang bernama BLK ( Balai Latihan Kesenian ) Jakarta timur,awalnya gedung itu tidak terlalu menarik perhatian saya namun terdengar suara jerit, tawa bahkan juga terdengar suara seperti orang sedang bersandiwara dari dalam.sepertinya mulai menarik perhatian saya untuk masuk ke dalam gedung tersebut.
Setelah masuk ke dalam gedung BLK tersebut ternyata feeling saya memang benar bahwa di dalam sedang berlangsung latihan kegiatan teater dengan sangat serius, pada saat itu ada bagian dari latihan yang cukup menarik perhatian saya yaitu saat ada 2 orang yang saling berhadapan namun keduanya bergerak dengan gerakan yang sama bahkan sangat menyerupai.Rupanya setelah saya mendengar perkataan yang di lontarkan pelatihnya bahwa latihan tersebut bernama latihan cermin,dimana 2 orang berdiri berhadapan satu sama lain salah seorang lalu membuat gerakan dan orang yang ada di hadapannya mengikutinya.
Cukup unik memang walaupun sebenarnya tidak mudah melakukan hal tersebut karena di butuhkan konsentrasi tinggi dan keseriusan,selain latihan cermin masih banyak macam latihan lain yang juga saya perhatikan.
Di akhir latihan saya menyempatkan diri untuk ngobrol dengan pelatihnya,beliau mengatakan bahwa kelompok teaternya memang sedang mempersiapkan diri untuk sebuah festival rutin tahunan yang disebut FTJ (Festival Teater Jakarta).
Beliau juga mengatakan masih banyak model latihan teater yang lain seperti Straching (pemanasan),Olah vocal, Olah tubuh dan teknik Blocking,Hmm..cukup panjang memang bila saya ceritakan semua uraian latihan teater,kata beliau.Tapi setidaknya saya sudah dapat satu tontonan menarik hari ini dan satu pelajaran bahwa kita juga harus ikut mengembangkan seni dan budaya termasuk dalam aspek seni teater.

No Responses to “MENILIK LATIHAN ORANG-ORANG TEATER”

Leave a Reply

