Anisafitriana89's Blog
Just another WordPress.com weblog

Belajar Berimajinasi Lewat Dongeng

Mendongeng untuk anak mungkin biasa menurut sebagian orang, padahal begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh si anak. Dengan mendongeng justru dapat membangkitkan bakat seorang anak yang terpendam. Menurut Helen Heard (penulis The Educational Benefits of Story Telling), Jacob dan Wilhlm Grimm (salah satu pencerita ulung di dunia), mengaku lewat cerita yang mereka tulis terselip pesan moral yang bisa diambil. Banyak buku-buku dongeng yang menceritakan cerita rakyat, sejarah, persahabatan dan masih banyak yang lainnya. Dengan begitu anak dapat mengenal nilai-nilai kesopanan, gotong-royong,perjuangan hingga kepahlawanan dari dongeng yang diceritakan. Anak yang sudah biasa didongengi kelak saat besar nanti akan lebih semangat disodori bacaan dan mempunyai pengetahuan yang lebih luas tentang kosa kata dan bahasa. Pada akhirnya anak akan lebih mengenal warna-warni dunia. Orang tua juga dapat mengajarkan hal-hal positif kepada anak melalui cerita.
Orang tua harus pintar-pintar memahami kenginginan sang anak karena seperti kita ketahui anak cepat sekali merasa bosan. Agar mendongeng tidak menjadi aktifitas yang membosankan ada beberapa trik dari Paul Arinaga(pemilik The Child Stories Bank).
• Pertama, gunakan gambar daripada tulisan belaka. Bagi anak yang masih belum bisa membaca tentunya untuk memahami cerita lewat gambar yang berwarna terasa lebih mudah dimengerti hal yang diceritakan dan lebih menarik.
• Kedua, sulap pengalaman sehari-hari menjadi lebih luar biasa sehingga tidak menjadi cerita yang kaku. Pengalaman sehari-hari sang anak bisa dibuat dengan kosa kata yang membangun imajinasi sang anak itu sendiri.
• Ketiga, ketika anda ditanya oleh si kecil tentang hal yang tidak dia mengerti misalnya kenapa rambut orang tua memutih. Kembangkan imajinasi lewat jawaban misalnya karena kakek sungguh aik hati terhadap sesame ,sehingga putih hatinya memancar lewat rambutnya dan ini terjadi ketika kita sudah lama hidup didunia ini.
• Keempat, kembali ke alam. Anda bisa mengarang cerita tentang kehidupan dunia binatang misalnya proses ulat menjadi kupu-kupu.
• Kelima, manfaatkan hobi bersama. Ketika sedang bermain dengan anak selipkan cerita-cerita yang membuatnya lebih semangat menjejaki setiap langkahnya.
• Keenam, buat versi lain dari cerita-cerita zaman dahulu agar lebih menarik tanpa mengurangi pesan moral yang terdapat pada cerita.
• Ketujuh, biarkan sang anak berimajinasi. Mereka mempunyai imajinasi sendiri yang luar biasa dan tidak terduga. Dengan berimajinasi menurut cerita yang dia inginkan sendiri bisa mengekspresikan dirinya lebih lepas lagi.
• Kedelapan, jangan takut menjadi anak kecil karena dengan berperan seperti mereka tentu akan lebih mudah memahami apa yang mereka inginkan.

No Responses to “Belajar Berimajinasi Lewat Dongeng”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: